Mengenal Seluk Beluk Trading Saham Online di Aplikasi Trading Saham RHB Tradesmart

05 April 2021 Aro

Trading saham online (online trading) adalah kegiatan jual-beli atau perdagangan saham yang dilakukan secara online menggunakan perangkat pribadi penggunanya. Dengan online trading, setiap orang yang tertarik dalam perdagangan saham online sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor sekuritas atau mencari pialang (broker) saham. 


Sekarang, hanya dengan memilih sekuritas yang terpercaya, lalu mengunduh aplikasi trading saham dari sekuritas tersebut, Anda dapat dengan nyaman memulai aktivitas trading Anda. Salah satu aplikasi trading saham yang sedang populer sekarang adalah aplikasi dari RHB Sekuritas Indonesia, yaitu RHB Tradesmart ID. 


Manfaat Trading Saham dengan RHB Tradesmart


Trading saham secara online dengan RHB Tradesmart menawarkan berbagai macam manfaat dan kemudahan. Apa saja? Simak dibawah ini:


Registrasi Mudah dan Cepat


Manfaat-manfaat yang ditawarkan mulai dari registrasi akun yang mudah dan cepat, hingga nominal awal penyetoran untuk aktivasi akun yang sangat terjangkau membuat banyak orang semakin tertarik untuk berinvestasi di pasar saham. 


Siapa Saja Bisa Berinvestasi


Kini, investasi saham dan trading saham tidak hanya dapat dilakukan oleh pengusaha-pengusaha dengan modal besar, tetapi juga dapat dilakukan oleh siapapun yang tertarik untuk terjun ke dunia perdagangan pasar saham. Mulai hari karyawan biasa hingga mahasiswa sekarang sudah dapat melakukan investasi dan trading saham sesuai dengan modal yang dimilikinya.


Akses Real Time 


Tak hanya itu, yang paling spesial dari online trading adalah akses real time pasar saham yang dapat diakses oleh para penggunanya lewat ponsel pintar mereka masing-masing. Dengan online trading, pengguna dapat secara langsung menyaksikan pergolakan harga saham bak sedang berdiri secara langsung di lantai Bursa Efek Indonesia. 


Para investor dan trader dapat mengikuti perubahan ritme harga pasar saham yang naik turun setiap saat, sehingga dapat mencari kesempatan terbaik untuk melakukan transaksi guna memaksimalkan tingkat laba transaksinya.


Baca Juga : Pengen Sukses? Ketahui 7 Tips Trading Saham Paling Ampuh


Jenis Online Trading


Bagi investor dan trader saham pemula yang masih baru belajar tentang trading saham online, sebaiknya lebih dulu mengenal beberapa jenis online trading. Ada 3 jenis trading saham online yang diperdagangkan di pasar saham, yaitu:


  1. Perdagangan Indeks

Indeks adalah indikator pergerakan harga pasar saham yang terdiri dari serangkaian saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada pasar saham. Contohnya adalah IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), IHSG adalah harga rata-rata semua saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Oleh karena itu, perdagangan indeks adalah penjualan dan pembelian harga indeks, yang mengambil surplus dari volatilitas harga yang dihasilkan dari pergerakan harga suatu indeks. 


  1. Perdagangan Komoditas

Perdagangan komoditas adalah perdagangan komoditi-komoditi berharga seperti minyak, logam mulia, dan produk-produk lainnya yang biasanya dijual dalam bentuk fisik. Sekarang, transaksi jual-beli komoditas tersebut sudah dapat dilakukan secara online. Profit yang didapatkan berasal dari naik-turunnya harga pasar saat itu. Anda dapat membuka posisi beli saat harga sedang rendah, dan menjualnya ketika harga sedang tinggi, dari sana Anda akan mendapatkan profit dari selisih harga jual dan beli.


  1. Perdagangan Mata Uang 

Perdagangan mata uang atau valas adalah salah satu perdagangan dengan dengan volume transaksi terbesar diseluruh dunia. Setiap harinya nilai perdagangan valuta asing di seluruh dunia dapat mencapai triliunan dollar. Hal tersebut menjadikan perdagangan forex menjadi bentuk investasi saham dan trading saham yang paling menjanjikan.


Baca Juga : 5 Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses


3 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih RHB Tradesmart


Semua jenis-jenis online trading di atas sekarang sudah dapat Anda lakukan hanya dengan satu aplikasi pintar RHB Tradesmart. Aplikasi RHB Tradesmart memberikan Anda akses untuk dapat memilih sendiri jenis saham yang paling cocok dengan keinginan Anda dan mulai melakukan trading saham pada jenis saham tersebut. RHB Tradesmart datang dengan berbagai manfaat yang dapat dinikmati nasabahnya saat memulai trading saham online. Berikut beberapa keunggulan utama trading saham bersama RHB Tradesmart:

  • Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

RHB Tradesmart adalah sekuritas yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi pengguna sudah tidak perlu takut dana yang ditransaksikan akan disalahgunakan oleh sekuritas. Dana dan seluruh proses transaksi perusahaan sepenuhnya ada dalam pengawasan OJK, sehingga investor atau trader tidak perlu khawatir dan dapat bertransaksi dengan tenang.


  • Menyediakan Kelas Belajar Saham

Luar biasa, bukan? RHB Tradesmart menyediakan layanan kelas belajar saham bagi nasabah mereka yang tertarik untuk mendalami dunia trading saham. Kelas Saham dan Live Trading bersama RHB Sekuritas Indonesia ini dilakukan secara terjadwal dan tanpa dipungut biaya. Nasabah hanya perlu mendaftarkan dirinya sesuai jadwal yang disediakan pada lama website RHB Tradesmart. Selain kelas belajar, RHB Tradesmart juga mempunyai berbagai channel yang dapat digunakan nasabah untuk bertanya atau mencari informasi, apabila kebingungan saat hendak mengawali transaksi saham pemulanya.


  • Fitur ARO (Assisted Robo Optimization) 

Fitur robot pintar ini adalah fitur yang dapat membantu investor dan trader dalam mengambil keputusan dalam bertransaksi saham. ARO mampu memberi notifikasi sinyal saham secara real time kepada pengguna, agar pengguna dapat mengetahui saham-saham apa saja yang sedang trending pada bursa saham saat itu. ARO juga mampu memberi layanan berupa indikator atau parameter tambahan tentang suatu saham yang sedang trending, sehingga investor dapat memiliki trading plan yang lengkap guna membantu pengguna dalam mengambil keputusan bertransaksi. 


Masih banyak manfaat-manfaat lain yang dapat diterima saat melakukan investasi dan trading saham online bersama RHB Tradesmart. Semuanya itu dapat dinikmati dan dipelajari hanya dengan mengunduh satu aplikasi trading saham yang terpercaya RHB Tradesmart di Google Plays dan App Store pada ponsel pintar Anda.


Mari pelajari cara investasi saham online, strategi investasi, dan pilihan saham yang memiliki fundamental baik. Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.


Sumber foto: RHB Tradesmart.

Investment