5 Alasan Anda Harus Investasi Saham Online

07 April 2021 Aro

Menyiapkan dana untuk masa depan adalah hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Pasalnya dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kebutuhan pun akan semakin meningkat. Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menambah penghasilannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan berinvestasi.

Di dunia yang serba maju ini, semua hal dapat dilakukan secara digital, begitu juga halnya dengan investasi. Pada umumnya sama seperti investasi konvensional, investasi saham secara online juga merupakan kegiatan penanaman uang atau modal di suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan di masa depan.

Mengapa Kita Harus Berinvestasi?

Apabila Anda ingin meningkatkan kekayaan, mendapatkan profit dari modal yang Anda tanam, atau Anda ingin memiliki perlindungan terhadap tekanan inflasi, maka investasi adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Di era yang serba digital saat ini, perkembangan teknologi dalam financial industry dikenal dengan Fintech. Hal ini membawa perubahan terhadap cara jual beli saham. Yang dulunya jual beli saham dilakukan dengan manual melalui telepon atau datang langsung kepada broker, kini semuanya dapat dilakukan melalui online platform.

Bagi pemula hal paling mudah untuk dilakukan yaitu berinvestasi saham secara online. Cukup dengan menggunakan smartphone atau laptop Anda yang terhubung dengan koneksi internet, Anda sudah dapat bertransaksi saham. Karena kemudahan akses tersebut, kini investasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Ada banyak pilihan investasi pasar modal secara online, seperti investasi saham, investasi reksadana, dan lain-lain.

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh broker pada aplikasi jual beli saham online. Maka dari itu, sayang halnya jika para investor tidak memanfaatkan kemudahan tersebut untuk mulai berinvestasi saham online.

Baca Juga : 8 Tips Belajar Saham Pemula, Apa Saja?


5 Alasan Mengapa Anda Harus Berinvestasi Saham Online

Dengan berinvestasi saham secara online, banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Simak berikut adalah 5 alasan mengapa Anda harus berinvestasi saham secara online!

1.   Mudah dan Nyaman Saat Bertransaksi

Hanya dengan bermodalkan ponsel genggam dan koneksi internet, saat ini Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi saham secara online. Tentunya hal tersebut lebih memudahkan para investor pemula khususnya untuk mulai berinvestasi.

Selain lebih mudah, kenyamanan juga menjadi kelebihan dalam melakukan investasi saham online. Karena dapat dilakukan sendiri, dan tentunya tidak membutuhkan banyak energi, tenaga, dan waktu. Bahkan, dapat dilakukan pada saat Anda sedang istirahat atau sedang bersantai.

Kini, Anda tidak perlu lagi melakukan investasi dengan tumpukan kertas yang akan membuat Anda pusing tujuh keliling. Tampilan aplikasi yang sederhana serta prosedur yang mudah dipahami, tentunya mempermudah investor dalam bertransaksi.

 

2.   Pantau Investasi Anda Kapan Saja

Sebelum era digital, untuk berinvestasi saham Anda Anda perlu susah payah datang ke kantor penyedia jasa investasi. Namun di era digital kini, semuanya semakin dipermudah cukup dengan menggunakan aplikasi investasi di smartphone Anda.

Sama seperti Anda memantau perkembangan topik yang sedang trending di media sosial lewat smartphone yang Anda miliki, memantau perkembangan investasi Anda pun juga sama mudahnya dan dengan kondisi yang realtime juga. Jadi manfaatkanlah smartphone Anda untuk berinvestasi saham dengan aplikasi saham online dimana semua transaksi Anda akan lebih mudah dimonitor secara realtime.


3.   Hanya dengan Top-up Semua Beres

Apabila dahulu Anda perlu datang langsung ke galeri broker untuk menyerahkan bukti setoran dan melakukan transaksi jual beli saham, sekarang cukup dengan transfer dan top-up di aplikasi online saham transaksi Anda akan bisa diproses. Mudah, bukan? Tentunya investasi pun semakin praktis tanpa perlu mengeluarkan banyak usaha dan tenaga.

Nah, jika selama ini Anda menunda melakukan investasi karena terkendala oleh hal-hal yang merepotkan itu, maka investasi saham online adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Transaksi Anda akan terjamin cepat dan aman.

Baca Juga :  Belajar Saham Pemula: 5 Kesalahan Fatal Saat Investasi

 

4.   Informasi yang Transparan

Melalui online platform investasi saham yang sedang berkembang saat ini, tentunya mempermudah semua orang untuk mulai berinvestasi. Kita bisa mendapatkan seluruh informasi yang jelas dan transparan mengenai harga jual dan harga beli saham terkini. Anda juga dapat melakukan analisis fundamental terkait dengan perusahaan yang akan Anda beli sahamnya.

Dalam aplikasi saham online sudah tersedia data laporan keuangan dan perhitungan rasio keuangannya, sehingga Anda akan dengan mudah melakukan analisis tanpa perlu mengumpulkan data lagi.


5.   Modal Relatif Kecil

Tentunya banyak pertanyaan yang muncul dari para investor pemula, salah satunya mengenai modal awal yang diperlukan untuk memulai investasi saham online. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memulai investasi secara online, karena pada umumnya investasi online dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Hanya dengan uang Rp. 100.000 Anda sudah bisa memulai berinvestasi.

Hal ini tentunya sangat mempermudah para investor pemula yang ingin melakukan pengembangan dana, karena modal awal yang digunakan relatif kecil. Dan juga dengan modal yang relatif kecil seperti itu, risiko yang yang didapatkan akan lebih bisa ditoleransi.

Namun, jangan lupa untuk mengenali lebih dalam instrumen investasi yang akan Anda beli agar tujuan investsi Anda untuk profit tercapai. Bagaimana caranya? Ikuti kelas-kelas online yang tentunya juga disediakan juga oleh perusahaan broker berkelas spesial untuk para nasabahnya!

 

Itulah tadi merupakan 5 alasan mengapa Anda harus berinvestasi online. Mari pelajari cara investasi saham online, strategi investasi, dan pilihan saham yang memiliki fundamental baik. Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

 

 

Referensi:

Bisnis.com. Apakah Investasi Online Aman di Tahun 2020?

ModalRakyat. Keuntungan Investasi Online yang Perlu Anda Tahu.

Duwitmu.com. 12 Cara Beli Saham Online Trading Untuk Investasi Pemula.

The Seattle Times. Some Pros and Cons of Online Trading.

5paisa.com. 7 Benefits of Online Trading.

Sumber foto: Luis Villasmil dari Unsplash.

Investment