3 Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Fasilitas Margin di Trading Saham Online

08 April 2021 Aro

Bagi para investor dan trader saham yang sudah lama bergelut di dunia pasar modal, istilah margin trading pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, bukan? Lain halnya dengan investor pemula, masih banyak dari investor pemula yang belum paham dengan fasilitas dan manfaat dari margin trading ini.


Fasilitas margin trading adalah sebuah layanan penyediaan pinjaman dana yang disediakan oleh sekuritas, guna memberi kesempatan pada nasabah untuk menambah nilai investasinya sehingga dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

 

Contohnya kurang lebih begini, jika investor memiliki modal Rp 1.000.000 dan diinvestasikan pada saham dengan potensi profit 25%, maka akan menghasilkan keuntungan sebanyak Rp 250.000. Namun dengan fasilitas pinjaman (margin) dari sekuritas, maka nasabah dapat meningkatkan pembeliannya. Misalnya dengan pinjaman Rp 1.000.000 dari akun margin, maka nasabah dapat menginvestasikan modal sebanyak Rp 2.000.000, yang mana selisihnya (margin Rp.1.000.000) merupakan layanan fasilitas pinjaman margin dari pihak sekuritas. Selanjutnya dengan potensi profit saham yang sama yaitu sebesar 25%, maka nasabah mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500.000. Menarik bukan?

 

Dalam dunia pasar saham, seringkali seorang investor mampu melihat kesempatan yang baik dan berpotensi tinggi menguntungkan, namun tidak dapat melakukan investasi dikarenakan kekurangan modal. Itulah mengapa sekuritas menyediakan fasilitas margin ini. Sehingga dapat memberi kesempatan seluas-luasnya untuk seorang investor mengembangkan kemampuannya dalam berinvestasi. Cara untuk mendapatkan fasilitas ini bisa dibilang cukup mudah, nasabah hanya perlu mengajukan pembukaan rekening reguler lalu setelah itu ajukan pembukaan rekening margin pada sekuritas saham yang digunakannya.

 

Salah satu sekuritas yang menyediakan layanan margin trading dengan manfaat yang cukup menarik adalah RHB Sekuritas. Karena sekarang RHB Sekuritas sudah dapat diakses full secara online melalui aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID, maka fasilitas margin trading pun sudah dapat dilakukan dengan lebih mudah . Sebagai investor ataupun trader, Anda hanya perlu memiliki akun reguler pada RHB Tradesmart, lalu mengajukan pembukaan akun margin.

 

Berikut 3 alasan mengapa Anda harus mencoba fasilitas margin pada trading saham online:

 

1.  Terhindar dari Suspend Buy

Pada rekening (akun) reguler sekuritas, saat trader melakukan transaksi pembelian menggunakan trading limit dan masih belum membayar kewajibannya sampai dua hari setelah hari perdagangan saham (T+2), maka pada hari ketiga (T+3) akun akan terkena suspend buy. Suspend buy adalah keadaan dimana nasabah tidak dapat lagi melakukan pembelian saham hanya bisa melakukan transaksi penjualan untuk memenuhi kewajiban. Selain itu, pada akun reguler, sekuritas dapat melakukan force sell (penjualan paksa) pada hari keempat penunggakan kewajiban (T+4). Namun, kini dengan adanya fasilitas margin, investor tetap dapat melakukan transaksi pembelian saham dengan limit yang tersedia, selama minimal rasio jaminan masih tercukupi.


Baca Juga :  5 Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses

 

2.  Bunga Lebih Ringan

Saat melakukan pinjaman modal dana pada sekuritas yang tepat, Anda bisa mendapatkan penawaran pinjaman dengan bunga yang ringan. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi calon investor atau trader saham. Apabila nasabah telah memantau suatu saham yang berpotensi dan berencana membelinya, maka jika diberikan kesempatan dapat meningkatkan jumlah pembelian yang semakin besar, tentu saja nasabah dapat memaksimalkan keuntungan yang akan diterima dari hasil transaksi saham tersebut.

RHB Tradesmart ID memberi penawaran bunga tahunan yang ringan, yaitu hanya sebesar 16% per tahun. Pada akun reguler biasanya bunga yang akan ditanggung nasabah dari pinjamannya bisa mencapai 48% per tahunnya. Namun, dengan akun margin, nasabah dapat menikmati fasilitas pinjaman dengan bunga yang lebih terjangkau.

 

3.  Periode Pembayaran Lebih Panjang

Ini adalah salah satu keunggulan penawaran margin trading dari RHB Tradesmart ID. Saat melakukan pinjaman pada RHB Tradesmart ID tidak ada batas waktu atau jatuh tempo untuk membayar pinjaman tersebut, selama rasio margin masih <65%. Periode yang panjang ini tentu saja sangat membantu nasabah untuk dapat mengamati harga saham dengan lebih seksama lagi, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang tepat saat akan bertransaksi saham.

Selama rasio margin atau perbandingan antara jumlah kewajiban yang harus dibayarkan (pinjaman) terhadap nilai jaminan (collateral) masih dibawah atau sama dengan 65%, maka nasabah masih dapat menggunakan dana tanpa batas jatuh tempo.

Dengan manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh sekuritas melalui fasilitas margin trading ini, kini keterbatasan modal bukan lagi penghambat Anda untuk meraih kesuksesan besar melalui trading saham.

Baca Juga :  Mengenal Seluk Beluk Trading Saham Online di Aplikasi Trading Saham RHB Tradesmart


Bila Anda telah memiliki akun reguler pada aplikasi RHB Tradesmart ID, maka dengan hanya membuka akun margin RHB Tradesmart, Anda sudah dapat menikmati fasilitas margin trading ini. RHB sekuritas mampu menyediakan kebutuhan modal Anda, sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam meningkatkan potensi keuntungan anda dalam transaksi di pasar saham.

Dengan syarat minimal deposit sebesar Rp 200 juta pada pembukaan awal rekening,RHB Tradesmart ID sudah dapat memberikan Anda fasiltas margin ini untuk kurang lebih 180 saham pilihan. Bagi Anda yang sudah memiliki akun reguler RHB Tradesmart dan tertarik untuk membuka akun margin trading RHB Tradesmart, maka dapat menghubungi langsung melalui nomor 021-50939700 atau dapatkan info lebih lengkapnya pada website rhbtradesmart.co.id

 

Mari pelajari cara investasi saham online, strategi investasi, dan pilihan saham yang memiliki fundamental baik. Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

 

Sumber :

RHB Tradesmart . Margin Financing.

Sumber foto: 8 Icons dari Unsplash.

Investment